Seminar ini merupakan program kerja dari bidang penalaran, seminar dilaksanakan pada hariRabutanggal 30 November 2013,di Auditorium Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Magelang dengan tema “Pendidikan Jujuryang Membebaskan”, diikuti sekitar 400 mahasiswa PGSD. Pembicara dalam seminar tersebut adalah BapakSalamun, M.Pdiselaku Kepala SD Muhammadiyah Alternatif 1 Kota Magelang.

Melalui seminar tersebut diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa tentang kependidikan, terutama pendidikan karakter yang menyelipkan unsur kejujurandan humanismdalam dunia pendidikan di Indonesia.Dalam seminar tersebut juga disajikan hiburan berupa tarian tradisional “Kunthulan” dari mahasiswa PGSD semester 3.

Seminar ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB acara pertama adalah pembukaan dan sambutan dari Dekan FKIP, Kepala Program Studi PGSD dan ketua panitia seminar, serta pembacan ayat suci Al-Quran. Dilanjutkan hiburan seni tari dari mahasiswa PGSD. Pukul 09.30WIB pembicara seminar menyampaikan materi pendidikan jujuryang membebaskan. Dalam seminar tersebut mahasiswa aktif bertanya jawab dengan pembicara seminar. Seminar selesai pada pkul 11.30 WIB.