Seminar Nasional & Call For Paper FKIP UMMagelang

Diposting pada: 2016-05-16, oleh : supriyanto, Kategori: Kegiatan Fakultas

FKIP UMMAGELANG akan adakan  SEMINAR NASIONAL & CALL FOR PAPER “Optimalisasi Potensi Anak, Revolusi Belajar dan Peran Aktif Keluarga” dan WORKSHOP Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning)

Seminar Optimalisasi Potensi Anak, Revolusi Belajar dan Peran Aktif Keluarga

Keluarga sebagai lembaga pendidikan non formal mempunyai peran penting dalam menanamkan potensi dan nilai-nilai moral pada anak sebelum masuk level pendidikan formal. Eksistensi orang tua sebagai penanggung jawab utama dalam menanamkan nilai-nilai paling dasar sebelum anak masuk dalam komunitas berikutnya. Dalam upaya pencapaian pendidikan moral dalam keluarga, perlu dievaluasi dan dikaji untuk menemukan suatu formulasi yang tepat oleh para praktisi pendidikan dari semua elemen. Sudah saatnya keluarga menjadi focus oriented dalam memberikan pendidikan anak, sementara pendidikan formal bersifat pengembangan.

Fungsi  keluarga  dari  eksistensi    kehidupan  sosial    tampaknya  perlu  dikaji kembali. Hal ini sangatlah beralasan, karena individu pada dasarnya tumbuh dan berkembang dimulai dari  lingkungan  keluarga.  Oleh  karena  itu  tidaklah  bijak  jika  keluarga  tidak  lagi  memikirkan  fungsi-fungsi penting perkembangan individu. Berdasarkan pemikiran di atas jelas bahwa penanaman nilai-nilai moral dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan harus dimulai dari level yang paling dasar yaitu level keluarga. Sosok orang tua (ayah dan ibu) merupakan individu yang bertanggung jawab terhadap pendidikan nilai-nilai moral dalam keluarga. Sementara itu metode yang dikembangkan oleh keluarga pun sudah saatnya disesuaikan dengan dinamika perubahan masyarakat. Sub tema makalah CALL FOR PAPER “Optimalisasi Potensi Anak, Revolusi Belajar dan Peran Aktif Keluarga:

  1. Potensi Anak (kode: PA)
  2. Inovasi Pembelajaran (kode: IP)
  3. Peranan dan Penyuluhan Keluarga (kode: PPK)
  4. IT Bagi Anak (kode: ITA)
  5. Anak berkebutuhan Khusus (kode: ABK)

Link download template prosiding:

Klik disini untuk download template Prosiding

Workshop Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning)

Tema workshopini berawal dari Keistimewaaan terhebat manusia jika dibandingkan dengan makhluk lainnya terletak pada kemampuan berpikirnya sebagai manusia berbudaya.Namun alangkah malangnya ketika potensi otak kita sebagai modalitas utama untuk berpikir tidak diberdayakan secara optimal. Bahkan sekolah yang idealnya diharapkan berperan sebagai komunitas untuk memberdayakan kemampuan berpikir siswa pun kadang kurang memperhatikan fakta pentingnya penggunaan otak dalam proses pembelajaran.Brain based learning menawarkan sebuah konsep untuk menciptakan pembelajaran dengan berorientasi pada upaya pemberdayaan potensi otak siswa.

Pembicara dalam Seminar (Optimalisasi Potensi Anak, Revolusi Belajar dan Peran Aktif Keluarga) dan workshop (Brain Based Learning)

  1. Munif Chatib (penulis best seller Sekolah Manusia)
  2. Dr. Muhammad Japar, M.Si,. Kons. (akademisi UMMagelang, konselor keluarga)
  3. Dr. Sukiman (Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga dari  Ditjen Paud Dan Pendidikan Masyarakat)

 

Tempat : DI HOTEL SAFIRA,  Jl. Gatot Subroto No. 56A, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia(depan AKMIL MAGELANG). Waktu Pelaksanaan: Rabu,  11 MEI 2016 Jadwal SEMINAR: 07.30 – 12.00WIB, WORKSHOP: 13.00- 17.00WIB, PROCEDDING: 13.00 – SELESAI.

Link download template prosiding:

Klik disini untuk download template Prosiding


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id