PGSD UMMagelang adakan KKL di IHF

Diposting pada: 2016-03-01, oleh : supriyanto, Kategori: Kegiatan Fakultas

Sesuai dengan Program Kerja Program Studi PGSD yang mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) untuk memperkuat kompetensi dan pemahaman calon guru tentang jati diri calon guru SD yang unggul, berbudaya dan berkarakter. 158 mahasiswa, 8 dosen PGSD, dan 1 tenaga kependidikan  melakukan kunjungan dalam bentuk KKL di indonesia heritage foundation yang bertempat di aula gedung IHF di jl jakarta Bogor, Cimanggis Jakarta Timur. Acara ini dilakukan pada tanggal senin, 4 Mei 2015, dimulai jam 07.30 sampai 16.00 dengan arahan dan sambutan oleh kepala sekolah SD berkarakter yang menyambut baik kedatangan calon guru, dan akan memberikan pandangan tentang konsep sekolah yang berkarakter, dan model pembentukan karakter yang khas dibawah Yayasan IHF. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh kaprodi PGSD, Rasidi, M.Pd., rasidi mengungkapkan pentingnya mahasiswa PGSD untuk menguasai beberapa teknik dan model pembelajaran karakter yang update, dan untuk dosen memberikan referensi untuk kajian penelitian, pengabdian, dan pendidikan tentang konsep sekolah dan pembelajaran yang berkarakter.

Lebih lanjut acara dilanjutkan dengan penandatangan MOU yang dilakukan oleh FKIP UMMagelang dengan pihak IHF. Ini akan menjadi dasar bagi kedua belah pihak untuk melaksanakan tindak lanjut dan kerjasama yang bermutu. Akan direncanakan kerjasama yang lebih baik, dengan mengirimkan mahasiswa PGSD untuk magang dan belajar di sekolah tentang budaya, mutu, dan pembelajaran di sekolah karakter. Pada sesi pertama, pihak IHF menuturkan tentang sejarah, filosofi dan konsep sekolah yang karakter dan kemudian dilanjutkan diskusi tentang sekolah yang didirikan oleh Sofyan A. Djalil yang seklaigus sebagai dewan penasehat Indonesia Heritage Foundation. Seluruh peserta diajak tour dan observasi secara langsung tentang fasilitas, kegiatan pembelajaran, dan ekstrakurikuler di sekolah berkarakter ini. Pada sesi kedua, dismpaikan tentang aplikasi pendidikan karakter di sekolah, yang menggunakan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK).  sekolah ini mengusung 9 pilar karakter: 1) cinta tuhan dan segenap ciptaaannya; 2) mandiri, disiplin dan tanggung jawab; 3) jujur, amanah dan berkata bijak; 4) hormat, santun dna pendengar yang baik; 5) dermawan suka menolong dna kerjasama, 6) percaya diri, kreatif dan pantang menyerah; 7) pemimpin yang baik dan adil; 8) baik dan rendah hati; 9) toleran, cintai damai dan bersatu. Pengaliran pilar ini melalui menggali pengetahuan perasaan (knowing, reasoning, feeling), dannjuga merasakan dengan praktek langsung (acting, reasoning, feeling). Setelah penerapan pilar, siswa melakukan self assesment, dan juga melibatkan orang tua dalam laporan pengembangan karakter.

Pada sesi terakhir, pihak IHF memberikan materi tentang Neuroscience For Kids. Pada sesi ini mahsiswa belajar tentang klasifikasi bagian otak, dan hubungannya dengan pengendalian emosi serta sistem kerja otak yang dijadikan dasar dalam pembelajaran karakter. Konsep sekolah berkarakter ini memberikan referensi bagi PGSD UMMagelang yang akan membuat perencanaan sekolah dasar laboratorium PGSD di 2016. Dengan kerjasama dengan IHF yang mapan, akan memberikan kekuatan PGSD untuk maju dan berkembang didukung peningkatan kuliatas dan jaringan PGSD FKIP UMMagelang baik secara nasional maupun internasional.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id