Studi Banding di SD Muhammadiyah 1 Magelang

Diposting pada: 2016-05-16, oleh : Administrator, Kategori: Kegiatan Mahasiswa

Pelaksanaan Studi Banding (peninjauan) pada hari Rabu tanggal 19 Juni 2013 dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan bacaan basmalah bersama- sama. Kemudian, pukul 09.30WIB dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke SD Muhammadiyah 1 Alternatif  Kota Magelang (SD Mutual). Sampai di sana, kami disambut oleh kepala sekolah dan para guru SD Mutual di ruang perpustakaan.

Sebelum menuju ke topik utama, bapak kepala sekolah menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan SD Mutual, yaitu mulai dari sejarah berdirinya SD Mutual ini,  profil sekolah, kurikulum, penerimaan calon peserta didik, dan semua hal yang berkaitan dengan SD Mutual.

Pada pembelajaran, sudah menerapkan sistem tematik integratif di setiap jenjang kelasnya, yaitu dari kelas I sampai kelas VI. Untuk pengelompokan kelas I sampai kelas VI berdasarkan nilai rata - rata matematika dan IPA. Terdapat guru tersendiri pada setiap bidang studi atau mata pelajaran, namun untuk wali kelas harus menguasai semua bidang studi atau matap elajaran.

Pada tahun ajaran 2012/2013 SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang ini memiliki 50 guru dan karyawan dengan 25 guru dan karyawan laki- laki dan 25 guru dan karyawan perempuan, setiap guru dan karyawan sebagian besar telah menempuh pendidikan S2 (Pascasarjana), beberapa guru mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan S2. Selain itu, SD Mutual ini memiliki 21 kelas dengan 352 peserta didik laki- laki an 383 peserta didik perempuan.

Pada tahun 2013, prestasi spektakuler yang di dapat SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang ini antara lain: meraih predikat the best desain kategori indoor aerial robot dalam international Islamic robot olimpiade (IISRO) di Kuala Lumpur 23- 28 Mei 2012, Juara II Komputer dalam Esmic Olimpiade dalam jaringan sekolah Muhammadiyah tingkat nasional, Juara I kategori SD dalam lomba robot tingkat Nasional di Kendal 27- 29 April 2012. Selain itu, setiap tahunnya SD Muhammadiyah 1 Alternatif mendapatkan nilai rata- rata ujian sekolah yang tertinggi se-kota Magelang. Pada tahun ajaran 2012/2013, mendapatkan nilai rata- rata mata pelajaran Bahasa Indonesia 9.22, mata pelajaran Matematika 9.62, mata pelajaran IPA 8.19.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id